Menhub: Ini Memerlukan Waktu yang Terpanjang

Menhub: Ini Memerlukan Waktu yang Terpanjang
Ilustrasi. Foto dok Pelindo III

jpnn.com - JAKARTA - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, proses yang paling lama dalam waktu bongkar muat di pelabuhan adalah pre-customs clearance.

Proses pre-customs clearance, adalah periode setelah peti kemas dibongkar sampai dengan dilakukan pemeriksaan barang oleh petugas Bea dan Cukai.

"Ini memerlukan waktu yang terpanjang, karena meliputi proses perizinan yang dikeluarkan oleh pejabat kementerian dan lembaga pemerintah yang berkedudukan di kantornya masing-masing di Jakarta," ujar Budi dalam siaran persnya.

Menanggapi hal ini, Dirjen Bea dan Cukai menyatakan kesiapan memangkas waktu bongkar muat atau dwelling time di pelabuhan.

"Tadi di dalam rapat Dirjen Bea dan Cukai menyatakan akan terus memperbaiki waktu proses customs clearance dan Pelindo akan menambah peralatan untuk mempercepat fasilitasi post-customs clearance," kata Budi.(chi/jpnn)

 


JAKARTA - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, proses yang paling lama dalam waktu bongkar muat di pelabuhan adalah pre-customs clearance.


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News