Menimbang Dua Jalur Meraih Kursi Kepala Daerah

Menimbang Dua Jalur Meraih Kursi Kepala Daerah
Kotak suara untuk pilkada. Ilustrasi Foto: dok.JPNN.com

jpnn.com, MATARAM - Sejumlah nama bakal calon gubernur (bacagub) NTB terus bergerilya menuju Pilgub NTB 2018. Untuk mendapat dukungan dan memenangkan kontestasi, mereka yang berniat maju dapat menggunakan dua jalur. Yaitu, jalur partai politik (parpol) dan jalur perseorangan (independen).

Menggunakan salah satu dari dua jalur ini tentu memiliki mekanisme masing-masing. Jika menggunakan jalur parpol, tentu bakal calon (balon) giat melakukan komunikasi dan penjajakan politik pada parpol agar parpol mau mengusung dan mendukungnya di Pilgub NTB.

Sementara jalur independen, maka balon harus mengumpulkan dukungan KTP dari masyarakat. Mengumpulkan KTP ini pun juga tak mudah. Dari jumlah yang harus dikumpulkan menurut Komisi Pemilihan Umum (KPU) adalah 300 ribu. Atau dukungan KTP itu tersebar minimal lebih dari 50 persen di 10 kabupaten/kota di NTB.

Pengamat politik NTB Agus mengingatkan agar balon independen berhati-hati saat mengumpulkan KTP pendukung. Ia melihat di beberapa kabupaten/kota, data-data kependudukan masih belum tervaliditasi.

“Hati-hati, karena masih belum valid data-datanya,” kata Dosen Ilmu Politik IAIN Mataram ini, kemarin (30/3).

Ia mencontohkan, di Kabupaten Lombok Tengah, misalnya jumlah penduduk yang sudah meninggal dunia masih banyak tercatat dalam daftar penduduk. Dan mereka masuk sebagai daftar pemilih tetap pada Pilkada 2015.

“Yang namanya orang sudah meninggal kan tidak mungkin mendukung,” katanya seperti dilansir Lombok Post (Jawa Pos Group).

Jika balon independen tidak memperhatikan ini, maka akan bisa menjadi masalah pada tahap verifikasi dukungan secara faktual di KPU. Karena sulit menunjukkan bukti fisik dari pendukung tersebut.

Sejumlah nama bakal calon gubernur (bacagub) NTB terus bergerilya menuju Pilgub NTB 2018. Untuk mendapat dukungan dan memenangkan kontestasi, mereka

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News