Meningkatkan Kemampuan Prajurit, Yonzipur 19/YKN Gelar Latihan Menjinakkan Bahan Peledak

Meningkatkan Kemampuan Prajurit, Yonzipur 19/YKN Gelar Latihan Menjinakkan Bahan Peledak
Personel Batalion Zeni Tempur 19/YKN Kodam XIII/Merdeka menggelar simulasi pengamanan VVIP untuk meningkatkan kemampuan prajurit di bidang Jihandak. Dua prajurit saat melakukan penjinakan terhadap bahan peledak. ANTARA/Jorie Darondo

jpnn.com - MANADO - Batalyon Zeni Tempur 19/Yudha Karya Nyata atau Yonzipur 19/YKN Kodam XIII/Merdeka menggelar simulasi pengamanan VVIP untuk meningkatkan kemampuan prajurit menjinakkan bahan peledak. Latihan itu digelar di Hotel Sutan Raja, Minahasa Utara, Sulawesi Utara, Sabtu (19/11), dengan melibatkan satu peleton

Asisten Operasi Kepala Staf Kodam XIII/Merdeka Kolonel Infantri Sutrisno Pujiono mengatakan kegiatan ini untuk memelihara dan meningkatkan kemampuan prajurit di dalam penanganan bahan peledak. 

"Kegiatan latihan ini sudah terjadwal dengan baik di kesatuan itu," katanya.

Dia berharap melalui latihan itu para personel tersebut dapat melaksanakan tugasnya secara baik sewaktu-waktu dibutuhkan.

Komandan Batalion Zeni Tempur 19/YKN Letnan Kolonel CZI Hanif Tupen mengatakan simulasi latihan itu termaktub dalam program meningkatkan kemampuan prajurit tentang penanganan bahan peledak. 

Dalam UU Nomor 34/2004, dijelaskan bahwa tugas pokok TNI ada dua, yakni Operasi Militer Perang dan Operasi Militer Selain Perang. 

"Yang kami lakukan adalah OMSP, di mana di dalamnya salah satunya adalah mengatasi aksi terorisme,” katanya.

Dalam simulasi ini, kata Tupen, menceritakan di Hotel Sutan Raja, ada kegiatan VVIP setingkat kepala negara.

Yonzipur 19/YKN Kodam XIII/Merdeka menggelar simulasi pengamanan VVIP untuk meningkatkan kemampuan prajurit menjinakkan bahan peledak.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News