TNI AL Mengajak Nelayan di Sungailiat Ikut Menjaga Keamanan Laut

TNI AL Mengajak Nelayan di Sungailiat Ikut Menjaga Keamanan Laut
Danposmat TNI AL Sungailiat, Pembantu Letnan Satu Darsidi, tengah memberikan pembinaan nelayan, di Sungailiat, Bangka Belitung, Sabtu. ANTARA/Kasmono

jpnn.com - SUNGAILIAT - TNI AL mengajak nelayan di Sungailiat, Kabupaten Bangka, Provinsi Bangka Belitung, berperan aktif menjaga keamanan dan ketertiban di perairan wilayah tersebut.

Komandan Pos TNI AL Sungailiat, Bangka Belitung, Pembantu Letnan Satu Darsidi mengatakan bahwa hal itu guna pelestarian sumber daya maritim.

Menurut dia, nelayan memiliki peranan penting dalam membantu menjaga keamanan dan ketertiban di laut, mulai seperti tidak melakukan pelanggaran hukum, serta menyampaikan laporan apabila mengetahui ada ancamaan dugaan pelanggaran hukum.

Menurutnya, meskipun wilayah perairan laut Bangka umumnya relatif aman, namun dalam aspek pencegahan posisi nelayan cukup strategis karena setiap saat aktivitasnya berada di laut.

"Selain meningkatkan dan mengajak nelayan ikut berperan dalam menjaga keamanan laut, kami juga memperkuat sinergi dengan berbagai pihak terkait seperti Satpolair, syahbandar maupun lembaga otoritas pelabuhan," jelas dia di Sungailiat, Sabtu (19/11).

Dia optimistis langkah pendekatan persuasif berkelanjutan yang dilakukan pihaknya dengan memberikan edukasi kepada nelayan, ke depannya akan membangun kesadaran nelayan itu untuk taat hukum.

"Dengan terbatasnya personel, peran nelayan dan pemangku kepentingan sangat dibutuhkan untuk bersama-sama membangun kemaritiman untuk kepentingan kesejahteraan," ungkap Darsidi.

Tercatat lebih lebih dari 500 unit kapal penangkapan ikan yang bersandar di pelabuhan perikanan maupun di dermaga Air Kantung dengan kapasitas kapal rata-rata di bawah 10 gross tonnes. 

TNI AL mengajak nelayan di Sungailiat, Bangka Belitung, untuk menjaga keamanan wilayah laut.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News