Menkes Bantah Main Mata dengan Produsen Susu

Menkes Bantah Main Mata dengan Produsen Susu
Menkes Bantah Main Mata dengan Produsen Susu
JAKARTA - Penolakan tiga institusi untuk mengumumkan list susu formula yang terkontaminasi bakteri Enterobacter Sakazakii, menimbulkan kecurigaan adanya permainan dengan pihak produsen. Apalagi hasil penelitian dari Institut Pertanian Bogor itu hanya dibuka ke produsen saja.

Namun, kecurigaan ini dibantah keras Menteri Kesehatan RI Endang Rahayu Sedyaningsih. "Tidak benar itu. Pemerintah tidak pernah main mata atau kongkalikong dengan produsen susu," tegas Endang dalam rapat kerja dengan Komisi IX DPR RI, Rabu (23/2).

Kalimat yang sama diungkapkan Kepala Badan POM Kustantinah. Katanya, tidak ada upaya perlindungan BPOM terhadap produsen susu. Mengapa datanya tidak bisa buka, karena BPOM secara material tidak mempunyai list susu formula yang terkontaminasi itu. "BPOM tidak melindungi produsen dan tidak ada permainan disini," ujarnya.

Endang menambahkan, bila pemerintah melindungi produsen, tidak akan mungkin disusun Rancangan Peraturan Pemerintah (RPP) tentang Air Susu Ibu (ASI). Yang mana dalam salah satu poin RPP tersebut, produsen susu formula dilarang mengiklankan produknya.

JAKARTA - Penolakan tiga institusi untuk mengumumkan list susu formula yang terkontaminasi bakteri Enterobacter Sakazakii, menimbulkan kecurigaan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News