Menkes Jamin Jamkesmas Antikorupsi

Menkes Jamin Jamkesmas Antikorupsi
Menkes Jamin Jamkesmas Antikorupsi
JAKARTA - Menteri Kesehatan Siti Fadillah Supari bergeming menghadapi kritikan sejumlah kalangan terkait program jaminan kesehatan masyarakat (Jamkesmas). Dokter ahli penyakit jantung itu menjamin Jamkesmas lebih akuntabel dan transparan.

   

Menurut menkes, suara-suara sumbang terkait Jamkesmas bertendensi agar pengelolaan dana Jamkesmas dikembalikan lagi ke PT Askes, seperti dua tahun lalu ketika programnya masih bernama Askeskin. "Jamkesmas itu antikorupsi. Kalau askeskin rawan korupsi," kata Siti Fadillah Supari Minggu (1/3).

   

Saat program Jamkesmas masih bernama Askeskin dan dikelola Pt Askes, kata menkes, pemerintah mengalami kerugian hingga Rp 1,2 triliun. Selain itu klaim yang diterima rumah sakit baru bisa cair  3 bulan sekali hingga  6 bulan sekali.

   

Dengan Jamkesmas, lanjut menkes, dana kesehatan itu dititipkan ke kas negara. Rumah sakit tinggal mengajukan klaim ke depkes. Kemudian kas negara langsung mentransfer dananya ke rekening rumah sakit yang bersangkutan.  "Itu transparan, semua orang bisa buka di internet, posisi keuangan Jamkesmas. Dengan Jamkesmas, 2008  kita bisa irit sampai Rp 1,454 triliun," katanya.

   

JAKARTA - Menteri Kesehatan Siti Fadillah Supari bergeming menghadapi kritikan sejumlah kalangan terkait program jaminan kesehatan masyarakat (Jamkesmas).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News