Menkes Janji Harga Obat Tidak Naik

Menkes Janji Harga Obat Tidak Naik
Menkes Janji Harga Obat Tidak Naik
JAKARTA - Pemerintah terus merumuskan solusi untuk menjaga agar harga obat di Indonesia tidak mengalami kenaikan. Menteri Kesehatan (Menkes) Endang Rahayu Sedyaningsih memberikan jaminan kepada publik bahwa tahun ini tidak ada lagi kenaikan harga.

Untuk mengontrol agar harga obat tidak melambung, Kemenkes akan menggandeng Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) dan berunding untuk membuat aturan khusus mengontrol peredaran obat. "Kami juga sudah memanggil Gabungan Pengusaha Farmasi dan mereka juga sudah berjanji tidak menaikkan harga obat," kata Endang ketika ditemui di kantor Menko Kesra, Jalan Medan Merdeka Barat, Rabu (3/2).

      

Sejak awal Januari 2011 ini industri farmasi mulai tertekan karena tingginya bea masuk yang mencapai 5 persen. Padahal 90 persen bahan baku obat-obatan diimpor dari luar negeri. Apalagi beban produksi pengolahan juga meningkat lewat kenaikan tarif dasar listrik (TDL).

Endang menepis kekhawatiran sejumlah kalangan akan kembali naiknya harga obat. Kenaikan harga obat itu menyusul kebijakan baru pemerintah tentang klasifikasi tarif pajak impor atau bea masuk atas barang impor. Apalagi, sebagian besar bahan baku obat saat ini masih diimport. "Bea masuk juga tidak akan mempengaruhi subsidi pemerintah terhadap obat generik dan tidak menurunkan kualitas obat obat didalam negeri," janji dia.

JAKARTA - Pemerintah terus merumuskan solusi untuk menjaga agar harga obat di Indonesia tidak mengalami kenaikan. Menteri Kesehatan (Menkes) Endang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News