Menkeu Dukung Razia Mobil Bodong di Batam

Menkeu Dukung Razia Mobil Bodong di Batam
Menkeu Dukung Razia Mobil Bodong di Batam
JAKARTA — Menteri Keuangan Agus Martowardojo menyatakan, saat ini ada banyak mobil ilegal yang masuk melalui Free Tradee Zone (FTZ) Batam. Sebagian besar mobil ini masuk dalam kategori mobil mewah. Karena itulah, Menkeu mendukung dilakukannya sweeping terhadap mobil mewah ilegal di Batam.

"Ternyata di Batam, saat ini banyak mobil-mobil baru masuk tapi menggunakan dokumen impor yang lama. Jadi implikasinya ada pemalsuan dan kerugian negara. Karena itulah kita mendorong untuk dilakukan penertiban. Kita dukung langkah Bea Cukai dan polisi," ujar Agus Marto kepada wartawan, Selasa (28/9) di Jakarta.

Seperti diketahui, polisi melakukan razia mobil mewah di Batam, terutama yang masuk sejak diberlakukannya PP 63 Tahun 2003 tentang Perlakuan Pajak Pertambahan Nilai (PPN) dan Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) pada 1 Januari 2004. Dari hasil razia yang dilakukan, tercatat ratusan unit mobil mewah di Batam terpaksa harus disita karena ada indikasi pemalsuan dokumen yang mengakibatkan kerugian negara.

"Memang ke depan perlu sosialisasi yang baik, jadi tidak terkesan operasi yang kita lakukan ini tidak jelas background-nya. Sebenarnya mobil-mobil ini masuk sejak tahun 2004 ke atas, tapi dokumen yang digunakan adalah 2004 ke bawah. Jadi penertiban yang kita lakukan sekarang ini sudah benar, menunjukkan penegakan hukum di negara ini," tegas Agus.(afz/jpnn)


JAKARTA — Menteri Keuangan Agus Martowardojo menyatakan, saat ini ada banyak mobil ilegal yang masuk melalui Free Tradee Zone (FTZ) Batam.


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News