Menko Kesra Klaim Sukses Tekan Kemiskinan

Menko Kesra Klaim Sukses Tekan Kemiskinan
Menko Kesra Klaim Sukses Tekan Kemiskinan
JAKARTA - Menjelang pergantian tahun, Menko Kesra Agung Laksono mengklaim berhasil menurunkan angka kemiskinan. Dia juga membeber sejumlah capaian dalam setahun kinerja kementerian yang dipimpinnya. Menurut Agung, dari 11 program prioritasnya, beberapa di antaranya sukses dicapai. Yakni, di bidang pendidikan, kesehatan, penanggulangan kemiskinan, lingkungan dan pengelolaan bencana, serta program budaya, kreativitas, dan inovasi teknologi.

"Salah satu indikasi capaian (sukses) itu, Indonesia mampu menduduki posisi 44 dari 139 negara untuk Global Competitive Index atau GCI. Posisi ini, menurut data Forum Ekonomi Dunia pada 2010, ada di atas Vietnam dan India," kata Agung di kantornya kemarin (29/12). Agung juga menyebut indeks pembangunan manusia juga naik ke posisi 108 dari sebelumnya di posisi 111 pada 2009.

Sementara itu, data dari Badan Pusat Statistik (BPS) menyebutkan bahwa jumlah penduduk Indonesia yang ada dalam garis kemiskinan berkurang dari 16,7 persen pada 2004 menjadi 14,1 persen tahun lalu dan mencapai 13,3 persen tahun ini. Sedangkan target yang hendak dicapai pada 2014 adalah 8-10 persen.

Dia mengklaim kementerian dan lembaga lain di bawah koordinasinya telah sukses menjalankan berbagai program sepanjang 2010. Semua dilaksanakan dengan mendulang keberhasilan meski masih banyak pekerjaan rumah yang menunggu pada 2011.

JAKARTA - Menjelang pergantian tahun, Menko Kesra Agung Laksono mengklaim berhasil menurunkan angka kemiskinan. Dia juga membeber sejumlah capaian

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News