Menko Puan: Diplomasi Kebudayaan Kian Mempererat Persahabatan RI dan China

Menko Puan: Diplomasi Kebudayaan Kian Mempererat Persahabatan RI dan China
Menko PMK Puan Maharani (kiri) bersama Presiden Kelima RI Megawati Soekarnoputri, di sela pagelaran balet Raise the Red Lantern oleh National Ballet of China, di Ciputra Artpreneur Theatre Retail Podium, Ciputra World, Jakarta, Rabu (2/11) malam. Foto: source for JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani tampak bersukacita usai menghadiri pagelaran balet karya agung berjudul Raise the Red Lantern oleh National Ballet of China, di Ciputra Artpreneur Theatre Retail Podium, Ciputra World, Jakarta, Rabu (2/11) malam.

Kehadiran Mbak Puan ini mewakili Presiden Joko Widodo, yang diundang secara khusus oleh Duta Besar China untuk Indonesia, Xie Feng.

Menurut Menko PMK, pagelaran balet ini menjadi sarana emas bagi Indonesia dan China untuk mempererat hubungan diplomatik kedua negara. Apalagi kesenian balet karya agung sudah sangat tersohor dan telah dipentaskan lebih dari 400 kali serta mendapat sambutan baik di negara-negara yang dikunjungi.

Puan mengatakan, setiap negara memiliki beraneka ragam seni dan budaya yang merupakan ekspresi estetis dan filosofis yang membangun identitas dan karakter suatu bangsa. Kekayaan budaya ini sangat bermanfaat dalam membangun persahabatan melalui kebudayaan antarbangsa di dunia.

"Suatu kehormatan dan kebahagiaan bagi bangsa Indonesia mendapat kesempatan melihat pergelaran balet karya agung Raise the Red Lantern oleh National Ballet of China. Diplomasi kebudayaan yang penuh damai antarnegara seperti halnya melalui pagelaran balet ini bisa membawa dampak positif untuk perdamaian dunia yang kita idamkan bersama," ujar Menko Puan.

Selain Menko PMK, turut hadir dalam acara ini, Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri dan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti.

Mbak Puan menjelaskan, hubungan baik Indonesia dan China memiliki sejarah yang sangat panjang. Bahkan hubungan persahabatan itu sudah terjadi jauh sebelum kedua negara meraih kemerdekaannya. Kapal-kapal China, Indonesia, maupun bangsa lain telah melayari jalur perdagangan di dunia yang dikenal sebagai Jalur Sutra Laut selama ribuan tahun yang lalu.

"Meskipun pelayaran tersebut utamanya dalam rangka perdagangan, namun interaksi dari kegiatannya telah membawa pengaruh budaya yang timbal balik antarnegara khususnya antara China dan Indonesia," imbuhnya.

JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani tampak bersukacita usai menghadiri pagelaran balet

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News