Menkominfo Johnny Sebut Semangat Harkitnas Relevan dengan Presidensi G20 Indonesia

Menkominfo Johnny Sebut Semangat Harkitnas Relevan dengan Presidensi G20 Indonesia
Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G. Plate. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate mengatakan peringatan ke-114 tahun Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) masih relevan dengan kehidupan bangsa Indonesia saat ini.

Semangat dan cita-cita kebangkitan nasional, lanjut dia, sejalan dengan Presidensi G20 Indonesia.

"Semangat cita-cita kebangkitan nasional tersebut sejalan dengan gelaran Konferensi Tingkat Tinggi G20 yang tahun ini dipimpin oleh Indonesia," kata Johnny di Jakarta, Jumat (20/5).

Pada kesempatan itu, dia mengajak seluruh elemen bangsa untuk kembali memahami esensi sejarah Kebangkitan Nasional.

"Mari sejenak kita telaah sisi historis di balik peringatan Hari Kebangkitan Nasional," ujar dia.

Menurut Johnny, hari lahir perkumpulan Boedi Oetomo yang ditetapkan Presiden Soekarno pada 20 Mei 1948 sebagai Hari Bangkitnya Nasionalisme Indonesia merupakan upaya pemimpin bangsa dalam mencegah ancaman perpecahan antargolongan dan ideologi di tengah perjuangan bangsa Indonesia mempertahankan kemerdekaan bangsa.

"Pada masa itu, terdapat ancaman perpecahan antargolongan dan ideologi di tengah perjuangan Indonesia mempertahankan kemerdekaan dari Belanda yang ingin kembali berkuasa."

"Kelahiran Boedi Oetomo mempelopori terciptanya organisasi pergerakan di masa selanjutnya, seperti Indische Partij, Perhimpunan Indonesia, dan Muhammadiyah," jelas pria berusia 65 tahun itu.

Menkominfo Johnny G Plate mengatakan peringatan ke-114 tahun Harkitnas sejalan dengan semangat yang diusung Presidensi G20 Indonesia.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News