Menkopolhukam: Pengejaran TNI Bukan Pelanggaran HAM

Menkopolhukam: Pengejaran TNI Bukan Pelanggaran HAM
Menkopolhukam: Pengejaran TNI Bukan Pelanggaran HAM
JAKARTA—Aparat kepolisian dibantu TNI hingga saat ini masih melakukan pengejaran terhadap dua orang pelaku penembak yang menewaskan Ajun Komisaris Polisi (AKP) Dominggus Oto Awes, Kapolsek Puncak Jaya. Menkopolhukam Djoko Suyanto pun meminta masyarakat tidak lantas menilai pengejaran ini sebagai bentuk pelanggaran Hak Azasi Manusia (HAM) yang sering diarahkan kepada aparat.

‘’Kita menyesalkan penembakan terhadap Kapolsek dan tiga warga di Timika. Publik harus tahu bahwa tindakan kekerasan dilakukan pada masyarakat dan aparat. Jangan lantas beritanya ada kekerasan aparat,’’ kata Djoko pada wartawan di Jakarta, Selasa (25/10).

Selama ini kata Djoko, tiap kali aparat melakukan pengejaran kepada kelompok berbahaya yang meresahkan masyarakat, sering kali keluar tudingan aparat telah melanggar HAM.

‘’Jangan mengejar pelaku kejahatan dikaitkan dengan hal lain. Pelaku kejahatan yang harus ditumpas. Kalau ada pengejaran, jangan dikaitkan dengan HAM. Lalu HAM Kapolsek bagaimana?,’’ tegas Djoko balik bertanya.

JAKARTA—Aparat kepolisian dibantu TNI hingga saat ini masih melakukan pengejaran terhadap dua orang pelaku penembak yang menewaskan Ajun Komisaris

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News