Menlu Retno Diminta Berperan Aktif Cegah Perang Terbuka di Afghanistan

Menlu Retno Diminta Berperan Aktif Cegah Perang Terbuka di Afghanistan
Ilustrasi - Wakil Ketua MPR RI Hidayat Nur Wahid. Foto: Ricardo/jpnn.com

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Ketua MPR RI Hidayat Nur Wahid (HNW) meminta Menteri Luar Negeri Retno Lestari Priansari Marsudi berperan aktif mencegah perang terbuka di Afghanistan.

Menurutnya, Menlu perlu bersikap konstruktif mengenai hubungan antara Indonesia, Afghanistan dan Taliban setelah keberhasilan mengevakuasi Warga Negara Indonesia (WNI) dari Kabul, Sabtu (21/8).

"Dengan mempertimbangkan hubungan baik antara Indonesia dengan Afghanistan dan Taliban, sewajarnya Menlu terus bersikap konstruktitf," ujar HNW dalam keterangannya di Jakarta, Sabtu.

Dia menilai bahwa keberhasilan evakuasi yang berlangsung dengan lancar dan cepat itu berkat hubungan baik Indonesia dengan para pihak di Afghanistan.

Karena itu, dia berharap Menlu dapat mendorong masyarakat dunia membantu menyelesaikan masalah di Afghanistan.

Pada saat bersamaan, pemerintah melakukan pendekatan yang oleh Menlu disebut sebagai 'Afghan-Led' dan 'Afghan-Owned', yaitu dengan mengedepankan maslahat dan kepentingan Afghanistan dalam mewujudkan perdamaian dan solusi dengan melibatkan seluruh pihak di internal negara tersebut.

Menurut politikus PKS ini, sikap Menlu yang bijak itu penting disuarakan lebih serius dan lebih aktif melalui forum-forum internasional seperti di PBB maupun OKI.

HNW menyatakan pandangannya mengingat secara de facto Taliban saat ini menguasai Afghanistan.

HNW meminta Menteri Luar Negeri Retno Lestari Priansari Marsudi berperan aktif cegah perang terbuka di Afghanistan.

Sumber ANTARA

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News