MenPAN-RB Kritisi Sistem Absensi PNS Kabupaten Bogor

MenPAN-RB Kritisi Sistem Absensi PNS Kabupaten Bogor
Yuddy Chrisnandi. Foto: JPNN

jpnn.com - ‎BOGOR--Sistem absensi elektronik (finger print) di Kabupaten Bogor perlu diperbarui. Meski sudah dilakukan secara elektronik namun menurut Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Yuddy Chrisnandi pemantauannya belum bisa dilakukan secara terpusat. ‎

"Sistem pengawasan disiplin melalui absensi di Kabupaten Bogor perlu diupgrade. Meski sudah menggunakan absensi elektronik tapi pemantauannya belum bisa dilakukan secara terpusat oleh BKD, bahkan BKD harus mengecek ke Satker masing-masing, ada 60 SKPD," beber Yuddy saat blusukan di Kabupaten Bogor, Jumat (10/6).

Yuddy mengatakan, dari 60 SKPD, setengahnya belum melaporkan rekapitulasi absensi pegawainya dari April ke BKD. Untuk itu, diperlukan perbaikan sistem sehingga ada aplikasi yang bisa memantau tingkat kehadiran ASN di semua Satker.

"Saya minta dalam anggaran program perubahan bisa dilakukan, tinggal menyambungkan sistem saja karena semua SKPD sudah punya sistem absen elektronik," tegasnya.

Yuddy mengatakan, perbaikan sistem absensi ini tidak hanya dilakukan di Kabupaten Bogor tetapi juga harus dilakukan di kota-kota agar  produktivitas ASN bisa terlihat.

Karena menurutnya, saat ini kesejahteraan ASN sudah semakin baik, kalau disiplin rendah ditambah pengawasan tidak maksimum maka otomatis masyarakat akan komplain. ‎(esy/jpnn)


‎BOGOR--Sistem absensi elektronik (finger print) di Kabupaten Bogor perlu diperbarui. Meski sudah dilakukan secara elektronik namun menurut Menteri


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News