MenPAN-RB: PNS yang Kena Banjir Silakan Cuti, Maksimal Sebulan

MenPAN-RB: PNS yang Kena Banjir Silakan Cuti, Maksimal Sebulan
ILUSTRASI. Warga terdampak banjir. Foto: ANTARA/Weli Ayu Rejeki

jpnn.com, JAKARTA - Bencana alam berupa banjir yang melanda seluruh kawasan DKI Jakarta, langsung direspon Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Tjahjo Kumolo.

Dia memberikan izin kepada PNS yang terdampak banjir mengajukan cuti dengan alasan penting.

"Jika terkena bencana alam, PNS dapat diberikan cuti. Hal ini tercantum dalam peraturan yang berlaku," ujar Tjahjo, di Jakarta, Kamis (2/1).

Pengajuan tersebut didasarkan pada Peraturan Kepala BKN No. 24/2017 tentang Tata Cara Pemberian Cuti Pegawai Negeri Sipil (PNS). Dalam aturan tersebut, ada beberapa jenis cuti, yakni cuti tahunan, cuti besar, cuti sakit, cuti melahirkan, cuti bersama, cuti di luar tanggungan negara, serta cuti karena alasan penting.

Cuti dengan alasan penting bisa disebabkan keluarga PNS sakit atau meninggal dunia, PNS sakit, istri PNS melahirkan, dan terdampak bencana alam. Dalam peraturan tersebut tertulis, PNS yang mengalami musibah bencana alam, dapat diberikan cuti karena alasan penting dengan melampirkan surat keterangan paling rendah dari Ketua Rukun Tetangga (RT).

"Namun hal ini juga disesuaikan dengan kondisi yang terjadi," jelasnya.

Lamanya cuti karena alasan penting dapat diberikan maksimal satu bulan. Namun demikian, jangka waktu cuti ini diserahkan kepada penilaian dan kebijakan masing-masing pimpinan instansi.

"Dengan demikian, banjir di Jabodetabek dapat dikategorikan bencana alam, sehingga pimpinan instansi dapat memberikan cuti bagi PNS terdampak," tegas Tjahjo.

MenPAN-RB Tjahjo Kumolo memberikan izin kepada PNS yang terdampak banjir mengajukan cuti dengan alasan penting.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News