MenPAN Siapkan Penghargaan untuk Instansi Hemat Anggaran

MenPAN Siapkan Penghargaan untuk Instansi Hemat Anggaran
MenPAN Siapkan Penghargaan untuk Instansi Hemat Anggaran

jpnn.com - JAKARTA - Imbauan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) agar para pejabat berhemat dan tidak hidup mewah diterjemahkan para menterinya dengan berbagai kebijakan teknis. Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Yuddi Chrisnandi pun menyiapkan iming-iming agar kinerja birokrasi tetap bagus tanpa boros anggaram.

Rencananya, Yuddy akan memberikan reward kepada instansi pemerintah yang dianggap sukses menghemat anggaran belanja barang/pegawai. Sebab, sudah lazim ditemui instansi pemerintahan justru mengobral program dengan alasan untuk realisasi anggaran.

“Biasanya lembaga pemerintah dianggap berhasil jika tingkat serapannya tinggi. Sekarang dianggap berhasil jika bisa menghemat, tapi produktivitas tetap tinggi,” ujar Yuddy, Selasa (18/11).

Dia menambahkan, kebutuhan saat ini adalah hasil kerja pemerintah yang bisa dirasakan masyarakat. Karenanya, tidak ada gunanya serapan dana tinggi tapi hasilnya tidak sesuai kebutuhan masyarakat.

Sebelumnya Yuddy juga mengeluarkan sejumlah regulasi  terkait dengan penghematan di kalangan penyelenggara negara. Misalnya,  pembatasan perjalanan dinas, pelarangan rapat di hotel, hingga mewajibkan makanan lokal untuk konsumsi dalam berbagai kegiatan yang menggunakan anggaran negara.(esy/jpnn)

JAKARTA - Imbauan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) agar para pejabat berhemat dan tidak hidup mewah diterjemahkan para menterinya


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News