Menpar Janjikan Karnaval Danau Toba Jadi Kombinasi Atraksi Luar Biasa

Menpar Janjikan Karnaval Danau Toba Jadi Kombinasi Atraksi Luar Biasa
Menteri Pariwisata Arief Yahya. Foto: dokumen JPNN.Com

jpnn.com - JAKARTA – Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya menyatakan, Karnaval Kemerdekaan Pesona Danau Toba 2016 pada 20-21 Agustus mendatang di Parapat dan Balige bakal menjadi tontonan luar biasa. Sebab, event itu memadukan berbagai daya tarik.

Arief mengungkapkan, 60 persen wisatawan mancanegara (wisman) yang berkunjung ke Indonesia karena ingin melihat kultur atau merasakan atmosfer budaya lokal. Sisanya, 35 persen karena ingin melihat fator alam atau nature, dan 5 persen lainnya untuk menyaksikan atraksi man-made.

“Karnaval Kemerdekaan Pesona Danau Toba 2016 adalah kombinasi yang sempurna antara culture, nature, dan man-made. Karena itu value-nya akan berimbas pada destinasi Danau Toba,” ujar Arief  di Jakarta.

Karenanya sepuluh hari sebelum Karnaval Kemerdekaan Pesona Danau Toba,  Kemenpar sudah mempromosikan kegiatan itu di berbagai media sebagai event tahunan dalam rangkaian puncak peringatan HUT RI ke-71. Nilai budaya atau cultural value dari #KKPDT2016 ini sangat kuat, karena tradisi Tapanuli sendiri sudah menjadi atraksi tersendiri.

Kali ini budaya lokal itu diangkat dalam karnaval yang akan dihadiri oleh Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) dan Ibu Negara Iriana Jokowi. “Modal dasarnya sudah kuat, yakni budaya Batak yang punya akar sejarah yang panjang,” jelas Arief.

Bagaimana dengan alamnya? Arief menegaskan, semua orang mengakui potensi alam Danau Toba dan destinasi di sekitarnya sudah bisa bersaing di level global.

“Tinggal memoles, menata kembali, merevitalisasi agar semua sektor menggunakan global standart. Ini proses yang nantinya akan diintegrasi dan dikoordinasi oleh Badan Otoritas Pariwisata  Danau Toba, yang perpres-nya sudah ditandatangani oleh presiden,” ungkapnya.

Arief selalu melihat sebuah kegiatan itu dari dua sisi. Cultural value dan commercial value. Bahasa mudahnya adalah semua potensi, kegiatan dan atraksi harus memberi dampak ekonomis yang konkret bagi masyarakat, terutama di sekitar Danau Toba yang menjadi tuan rumah KKPDT2016.

JAKARTA – Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya menyatakan, Karnaval Kemerdekaan Pesona Danau Toba 2016 pada 20-21 Agustus mendatang di Parapat

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News