Menpera Jajaki Minat Tiongkok Garap Properti

Atasi Tingginya Ongkos Bangun Rumah

Menpera Jajaki Minat Tiongkok Garap Properti
Menpera Jajaki Minat Tiongkok Garap Properti
JAKARTA - Kementerian Perumahan Rakyat (Kemenpera) menghitung, rata-rata kebutuhan rumah nasional mencapai 800 ribu unit pertahun. Pemerintah berpendapat, kebutuhan itu sulit tercapai jika ongkos membuat rumah masih tinggi. Kemenpera siap menjajaki kerjasama dengan Tiongkok untuk mengatasi kesulitan pembangunan rumah skala besar dan murah.

  

Menpera Suharso Monoarfa menjelaskan, kerjasama dengan negeri tirai bambu tersebut cukup penting. Sebab, dia menilai Tiongkok memiliki program tepat guna dalam pembangunan perumahan sekala besar. "Kami ingin menerapkannya disini (Indonesia)," ujar menteri 56 tahun itu.

Tingginya anggaran untuk membangun rumah, terdapat dalam pos-pos tertentu. Diantaranya, asesoris rumah seperti pintu, kusen, jendela dan jamban. Rata-rata, untuk membangun rumah sederharap sehat (RSH) di kawasan berkembang, membutuhkan ongkos pokok Rp 3 juta per meter.

Dengan mencontoh teknologi di Tiongkok, Suharso berusaha menekan harga dari pos anggaran tersebut dengan membangun fasilitas yang bersifat umum. "Bisa murah jika bisa digunakan tiga hingga lima rumah sekaligus," ucap dia. Penggabungan itu bisa dilakukan dalam jamban, pintu utama atau aksesori lainnya.

JAKARTA - Kementerian Perumahan Rakyat (Kemenpera) menghitung, rata-rata kebutuhan rumah nasional mencapai 800 ribu unit pertahun. Pemerintah berpendapat,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News