Menpora Amali Bicara Kesuksesan Ekonomi di Expo UMKM ASEAN Para Games 2022

Menpora Amali Bicara Kesuksesan Ekonomi di Expo UMKM ASEAN Para Games 2022
Menpora Zainudin Amali saat bersama Ariadi di lapak UMKM Bocce Shop di Sport Industry dan Inspire Youth Expo di Stadion Manahan, Solo, Jawa Tengah. Foto:Amjad/JPNN

jpnn.com, SOLO - Geliat Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) Jawa Tengah begitu terasa dalam ajang ASEAN Para Games 2022 yang digelar di Solo, Semarang, Sukoharjo dan Karanganyar tersebut.

Berbarengan dengan ajang olahraga penyandang disabilitas Asia Tenggara, digelarlah kegiatan Sport Industry dan Inspire Youth Expo di kawasan Stadion Manahan, Solo.

Menpora Zainudin Amali membuka langsung acara tersebut, pada Minggu (31/7). Banyak lapak UMKM lokal dipamerkan untuk menggaet pembeli selama ajang ASEAN Para Games 2022 itu.

Menurut menteri yang juga Ketua Penyelenggara ASEAN Para Games 2022 tersebut, ajang ini menjadi alat untuk meningkatkan perekonomian di Jateng. Dia melihat, banyak efek positif dari sisi ekonomi yang mulai terasa di kota-kota tempat penyelenggaraan ajang tersebut.

"Kemenpora itu kan punya kewajiban mendorong UMKM mandiri yang dapat menguasai pasar dalam negeri. Ini juga sejalan dengan misi penyelenggaraan ASEAN Para Games 2022 untuk membangkitkan perekonomian lokal selain meraih sukses penyelenggaraan, prestasi dan administrasi," katanya dalam acara pembukaan.

Lapak-lapak yang dibuka dalam ajang ini mulai dari UMKM jersei, suvenir, makanan, sampai dengan perlengkapan alat olahraga untuk orang normal sampai penyandang disabilitas.

"Mari bangkitkan ekonomi setelah masa pandemi dengan ASEAN Para Games 2022," tandasnya.

Salah satu pelaku UMKM yang merasakan hasil positif dari kegiatan ini ialah lapak UMUM penjual peralatan bocce milik Ariadi. Pria yang juga guru di sekolah luar biasa (SLB) negeri Boyolali, Jawa Tengah, memang fokus menjual alat olahraga Bocce yang diperuntukkan bagi mereka yang berkebutuhan khusus.

Expo UMKM digelar berbarengan dengan ASEAN Para Games 2022 di Stadion Manahan, Solo. Geliat ekonomi rumahan benar-benar tumbuh

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News