Menpora: Keppres Naturalisasi Shayne Pattynama Sudah Ditandatangani Jokowi

Menpora: Keppres Naturalisasi Shayne Pattynama Sudah Ditandatangani Jokowi
Pemain keturunan Indonesia, Shayne Pattynama. Foto: Instagram/shaynepattynama

jpnn.com, JAKARTA - Menpora Zainudin Amali memastikan Keputusan Presiden (Keppres) tentang pemberian kewarganegaraan Indonesia untuk Shayne Elian Jay Pattynama sudah disetujui Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Buktinya, Keppres itu sudah ditandatangani oleh orang nomor satu di Indonesia tersebut.

"Selanjutnya, yang bersangkutan (Shayne Pattynama, red) akan mengikuti pengambilan sumpah di Kanwil Kemenkumham Provinsi DKI Jakarta," ucapnya.

Setelah mendapatkan kepastian Keppres tersebut, proses pengambilan sumpah harus bisa dijalankan secepatnya sehingga paspor bisa didapatkan oleh pemain keturunan Belanda tersebut.

Jika sudah menjadi WNI, lanjut Menpora Amali, maka tugas dari PSSI dan Shayne ialah memproses perpindahan asosiasinya dari UEFA menjadi AFC.

"Kami berharap proses ini bisa segera, termasuk perpindahan dari Asosiasi sepak bola Eropa ke asosiasi sepak bola Asia," ucapnya.

Sebelumnya, paket naturalisasi pemain Timnas Indonesia ialah Jordi Amat dan Sandy Walsh. Keduanya sudah menjadi WNI.

Kini, dengan tuntasnya persyaratan untuk pengambilan sumpah, Menpora berharap pemain Shayne bisa segera berkostum Garuda di dada.

Menpora Zainudin Amali beberkan perkembangan proses naturalisasi Shayne Pattinama, Keppres sudah ditandatangani Presiden Jokowi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News