JPNN.com

Menpora Ungkap Kronologi Indonesia Terpilih Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20

Kamis, 24 Oktober 2019 – 23:01 WIB Menpora Ungkap Kronologi Indonesia Terpilih Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20 - JPNN.com
Menpora Zainudin Amali memberikan keterangan bahwa tuan rumah Piala Dunia U-20 2021 menjadi milik Indonesia karena andil besar Pemerintah. Foto: Amjad/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Menpora Zainudin Amali mengingatkan bahwa keberhasilan Indonesia menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2021 tak bisa dilepaskan dari peran pemerintah. Dia meyebutkan, surat Presiden RI Joko Widodo, menjadi garansi keberhasilan Indonesia memenangi bidding.

"Karena banyak beredar ujungnya saja, maka saya perlu jelaskan, bahwa ini bermula dari surat Menpora (Imam Nahrawi,red) 19 Juli yang mengajukan ke Presiden bahwa kami ingin mengajukan diri sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20, 2021," kata Zainudin di Kemenpora, Kamis (24/10) malam.

Kemudian, direspon oleh Presiden dengan menyampaikan surat resmi dari pemerintah Indonesia kepada FIFA pada 7 Agustus.

"Surat Presiden ke FIFA, itu dilampirkan juga seperti dari jaminan empat menteri keuangan, tenaga kerja, hukum dan HAM, dan komunikasi, dan Kapolri. Setelah itu dilakukan lobi-lobi kepada negara lain, di beberapa negara oleh KBRI di negara lain agar memberikan dukungan untuk Indonesia," terang dia.

Kemudian diperkuat dan ditindak lanjuti pemerintah dengan mengutus Erick Thohir sebagai Ketua Umum KOI untuk merepresentasi pemerintah dan melakukan lobi di FIFA.

Setelah proses lobi itu, barulah PSSI menjalankan hal-hal teknis yang dilakukan sampai dengan di FIFA Council pada hari ini akhirnya diputuskan Indonesia jadi tuan rumah.

"Indonesia bersaing dengan negara tradisi sepak bolanya sudah mapan seperti Peru dan Brasil, sebelumnya ada tiga Arab Saudi, Bahrain, UEA, ini persaingannya lumayan berat.Tetapi dengan lobi-lobi dengan pemerintah (lain) dan KBRI melalui Kemenlu, semakin kuat Indonesia, kuncinya di surat jaminan Presiden Jokowi," tegasnya.

BACA JUGA: Abang Bejat Bawa Adik Ipar ke Rumah Kosong, Ternyata Sering Diajak Begituan

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...