Menristekdikti Dorong PTS di Jatim Tingkatkan Akreditasi

Menristekdikti Dorong PTS di Jatim Tingkatkan Akreditasi
Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Mohamad Nasir pada acara pelantikan empat rektor dan direktur Politeknik di Kantor Kemenristekdikti, Kamis (14/9). Foto: Mesya/JPNN.com

jpnn.com, SURABAYA - Menteri Riset Tekonologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Mohamad Nasir mendorong perguruan tinggi swasta (PTS) di Jawa Timur untuk mencapai national competitiveness.

"PTS yang akreditasi A di Jawa Timur baru ada lima. Yang akreditasinya B harus dikawal untuk bisa menjadi akreditasi A dan menjadi perguruan tinggi yang bermutu. Sedangkan yang akreditasinya C harus makin baik," kata Menteri Nasir saat kunjungan kerja di Surabaya, Sabtu (16/9).

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (APTSI) Wilayah VII Jatim Suko Wiyomo mengatakan, Indonesia harus menjadi negara yang saling menjaga sesama suku dan golongan.

"Tidak bisa pemerintah, politikus, aktivis, jurnalis saja, tetapi merupakan tanggung jawab kita bersama untuk menjaga kebinekaan," terangnya.

Untuk itu, penanaman nilai-nilai Pancasila di kampus dipandang sangat penting melalui mata kuliah Pendidikan Pancasila.

Sementara itu, Koordinator Kopertis VII Suprapto mengatakan, ada sekitar 330 PTS di Jatim.

Jumlahnya memang berkurang sedikit demi sedikit. Namun, kualitasnya bertambah.

"Semoga dosen yang dibina bersama bisa memajukan Jawa Timur. Sebab, sebuah kemajuan wilayah adalah dari perguruan tinggi. Perguruan tinggi kebanyakan adalah PTS," ujarnya. (esy/jpnn)


Menristekdikti Mohamad Nasir mendorong perguruan tinggi swasta (PTS) di Jawa Timur untuk mencapai national competitiveness


Redaktur & Reporter : Mesya Mohamad

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News