Menristekdikti Pastikan Anak Korban Teroris Dapat Beasiswa

Menristekdikti Pastikan Anak Korban Teroris Dapat Beasiswa
Mohamad Nasir. Foto: Humas Kemenristekdikti for JPNN.com

jpnn.com - Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Mohamad Nasir menyatakan, akan memberikan beasiswa perguruan tinggi bagi anak-anak korban aksi terorisme.

Sedangkan kepada mantan pelaku aksi terorisme, akan diberikan pembinaan di dunia usaha yang berkaitan dengan teknologi.

"Rekonsiliasi yang mempertemukan 124 mantan pelaku teror dengan 51 korban aksi terorisme, yang kali pertama diadakan Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) ini sangat baik. Barangkali ini pertama kali di dunia," ujar Menteri Nasir yang hadir sebagai pembicara di acara BNPT, Senin (28/2).

Dia mengungkapkan, mahasiswa berkarakter unggul merupakan salah satu upaya yang digagas Kemenristekdikti dalam penangkalan radikalisme di kalangan mahasiswa.

Kemenristekdikti bersama Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), perguruan tinggi dan peneliti-peneliti ilmu sosial hingga saat ini tengah melakukan survey radikalisme dan wawasan kebangsaan pada pelajar dan mahasiswa.

“Surveynya belum selesai, tapi hingga Mei 2017 pernyataan untuk siap berjihad demi tegaknya khilafah pada kelompok mahasiswa mencapai 23,4 persen dan pada pelajar 23 persen,” tuturnya.

Angka tersebut merupakan sinyal yang harus disikapi semua pihak, baik pemerintah, perguruan tinggi, sekolah, orang tua maupun masyarakat umum mengenai pentingnya menumbuhkan kembali rasa nasionalisme dan cinta tanah air.

Pasalnya, masalah Negara Kesatuan Republik Indonesia, UUD 1945 dan Pancasila sudah final.

Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Mohamad Nasir menyatakan, akan memberikan beasiswa perguruan tinggi bagi anak-anak korban teroris

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News