Mensos Agus Gumiwang Harap Penerima PKH Naik Kelas

Mensos Agus Gumiwang Harap Penerima PKH Naik Kelas
Menteri Sosial (Mensos) Agus Gumiwang Kartasasmita menyalurkan Bantuan Sosial PKH dan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) di Kantor Wali Kota Batam, Selasa (28/8). Foto: RMOL

jpnn.com, BATAM - Menteri Sosial (Mensos) Agus Gumiwang Kartasasmita berharap penerima bantuan Program Keluarga Harapan (PKH) ke depan dapat naik kelas.

Dengan cara memanfaatkan bantuan tersebut untuk hal yang produktif, seperti membangun kegiatan usaha.

"Manfaatkan program ini sebaik mungkin. Sehingga ketika saya kembali ke kota ini, ibu-ibu (penerima bantuan) sampaikan kepada saya, kami sudah naik kelas," harap Agus saat acara Penyaluran Bantuan Sosial PKH dan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) di Kantor Wali Kota Batam, Selasa (28/8).

Naik kelas yang dimaksud ekonomi penerima bantuan atau Keluarga Penerima Manfaat (KPM) membaik. Dalam program PKH, capaian ini disebut Sejahtera Mandiri.

Dalam kesempatan tersebut, dia mencontohkan ada KPM Sejahtera Mandiri yang memanfaatkan bantuann pemerintah untuk berjualan es, kini usaha mandiri KPM tersebut sudah memiliki 7 kulkas dengan omset perhari RP 250 ribu. Dan keuntungan bersih perbulan mencapai Rp 3,5 juta.

"Ke depan yang naik kelas pun tidak kami lepas, akan kami bina, program ada bermacam-macam di Kemensos. Percayalah kami akan terus mendukung," kata dia.

Dalam kesempatan ini, Kementrian Sosial RI memastikan penyaluran PKH tahap III dan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) tahap VIII akan tuntas Agustus ini. "Realisasinya kini sudah 85 persen," ucap Agus.

Di hadapan pewarta, dia mengatakan pemerintah akan menaikan nilai bantuan PKH hingga dua kali lipat. "Indeksnya akan naik dua kli lipta dibanding yang diterima sekarang," kata dia.

Menteri Sosial (Mensos) Agus Gumiwang Kartasasmita berharap penerima bantuan Program Keluarga Harapan (PKH) ke depan dapat naik kelas.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News