Mensos jelaskan saldo PSKS bisa diambil kapanpun

Mensos jelaskan saldo PSKS bisa diambil kapanpun
Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa. Foto: Dok. JPNN

jpnn.com - MENTERI Sosial Khofifah Indar Parawansa mengatakan, sebagai perlindungan negara untuk warga miskin, pemerintah membagikan Kartu Keluarga Sejahtera (KKS), Kartu Indonesia Pintar (KIP), dan Kartu Indonesia Sehat (KIS) di berbagai wilayah di Indonesia.

“KKS berupa simpanan yang tidak hangus, bisa diambil sebagian ataupun seluruhnya, KIP diperuntukan bagi anak usia 6 hingga 21 tahun agar mereka bisa kembali ke sekolah, serta KIS adalah kartu untuk memastikan warga miskin bisa mendapatkan akses dan layanan kesehatan yang layak, ” kata Khofifah.

Pembagian kartu dilakukan di berbagai daerah, salah satunya di Makassar. Di Kelurahan Gusung, KKS diberikan kepada 55 Kepala Keluarga (KK), KIP diserahkan untuk 114 anak sekolah, serta KIS untuk 291 orang. Sedangkan, di Kelurahan Cambaya, KKS diberikan untuk 590 KK, KIP diserahkan untuk 1.093 anak sekolah, serta KIS untuk 2.931 orang.

“Selain KKS, KIP dan KIS turut diserahkan pula Kartu Asistensi Sosial Penyandang Disabilitas Berat (KAS PDB) sebanyak 445 orang di Kota Makassar, ” ujarnya.

Sebelumnya, peluncuran KKS, KIP dan KIS dilakukan di 14 wilayah. Diantaranya Jambi, Belitung Timur, Jakarta Utara, Jakarta Timur, Karawang, Klaten, Sleman, Kabupaten Malang, Kota Malang, Kota Batu, Manokwari, Jayapura, serta Pulau Buru. (adv/jpnn)


MENTERI Sosial Khofifah Indar Parawansa mengatakan, sebagai perlindungan negara untuk warga miskin, pemerintah membagikan Kartu Keluarga Sejahtera


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News