Mentan Bertekad Ulangi Kejayaan Jagung demi Swasembada Gula

Mentan Bertekad Ulangi Kejayaan Jagung demi Swasembada Gula
Mentan Amran Sulaiman di Bombana. Foto: Humas Kementan

jpnn.com, BOMBANA - Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman ingin kejayaan swasembada jagung tersalurkan ke komoditas gula. Salah satu jurusnya adalah membuka pintu bagi investor yang mau membangun pabrik gula di Indonesia.

Amran mengatakan, di Indonesia saat ini ada enam pabrik gula. Dia menargetkan akan membangun satu pabrik gula tambahan di Kabupaten Bombana, Sulawesi Tenggara.

"Setelah 42 tahun direncanakan bangun pabrik gula, kini akan hadir pabrik gula terbesar di kawasan timur Indonesia. Ini yang kami dorong dan insyaallah ini akan mensuplai gula kawan di timur," kata Amran di sela-sela panen raya padi di Desa Biru, Kecamatan Poleang, Kabupaten Bombana, Sulawesi Tenggara, Rabu (25/7).

Menurut Amran, pemerintah di era Presiden Joko Widodo saat ini berkeinginan menutup keran impor pangan termasuk gula. Dalam rangka itu pula Kementan menargetkan Indonesia punya 10 pabrik gula.

Amran menjelaskan, pabrik yang akan dibangun di Bombana bisa memproduksi 12 ribu ton cane per day (TCD). Nilai investasinya adalah Rp 5 triliun.

"Ini bisa mempekerjakan pegawai sekitar 50 ribu hingga 100 ribu orang," kata Amran.(tan/jpnn)


Menteri Pertanian Amran Sulaiman mengatakan, di Indonesia saat ini ada enam pabrik gula. Targetnya, Indonesia memiliki 10 pabrik gula.


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News