Ingin Ulangi Kejayaan Jagung, Amran Bidik Komoditas Gula

Ingin Ulangi Kejayaan Jagung, Amran Bidik Komoditas Gula
Mentan Amran Sulaiman. Foto: Humas Kementan

jpnn.com, BOMBANA - Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman ingin kejayaan swasembada jagung tersalurkan ke komoditas gula. Salah satunya membiarkan investasi masuk untuk membangun pabrik gula di Indonesia.

Amran mengatakan, saat ini Indonesia sudah memiliki enam pabrik gula. Dia menargetkan akan membangun satu pabrik gula tambahan di Kabupaten Bombana, Sulawesi Tenggara.

"Setelah 42 tahun direncanakan bangun pabrik gula, kini akan hadir pabrik gula terbesar di kawasan timur Indonesia. Ini yang kami dorong dan insyaallah ini akan menyuplai gula kawan di timur," kata Amran di sela-sela panen raya padi di Desa Biru, Kecamatan Poleang, Kabupaten Bombana, Sulawesi Tenggara, Rabu (25/7).

Pabrik yang ingin dibangun di Bombana, terang Amran akan bisa berproduksi 12 ribu ton cane per day (TCD). Nilai investasi adalah Rp 5 miliar.

"Ini bisa mempekerjakan pegawai sekitar 50 ribu hingga 100 ribu orang," kata Amran.

Di era pemerintahan Jokowi-JK ini, tambah Amran, semua keran impor pangan ingin ditutup. Di komoditas gula, sambung Amran, pihaknya menargetkan pembangunan sepuluh pabrik. (tan/jpnn)


Menteri Pertanian Amran Sulaiman menyatakan akan menutup semua keran impor pangan termasuk komoditi gula.


Redaktur & Reporter : Fathan Sinaga

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News