Mentan Langsung Tindaklanjuti Permintaan Petani Tembakau

Mentan Langsung Tindaklanjuti Permintaan Petani Tembakau
Mentan Amran Sulaiman. Foto: Natalia Fatimah Laurens/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Pertanian Amran Sulaiman menyatakan permintaan Asosiasi Petani Tembakau Indonesia (APTI) saat bertemu Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Kenegaraan Jakarta, Senin (30/10), akan langsung ditindaklanjuti.

Hal ini disampaikan Amran usai mendampingi Presiden Jokowi menerima pengurus APTI dari sembilan provinsi.

"Yang terpenting, aspirasi langsung ditindaklanjuti. Yang pertama, masalah regulasi. Nanti dibahas bersama Mendag. Nanti aku sampaikan bagaimana hasilnya," ucap dia di kompleks Istana Kenegaraan.

Kepada Presiden, petani tembakau menyampaikan aspirasi antara lain agar pemerintah segera membuat kebijakan tentang pengaturan importasi tembakau. Karena selama ini keran impor tembakau masih terbuka lebar.

Kedua, APTI berharap pemanfaatan dana bagi hasil cukai tembakau agar dioptimalkan dan dipergunakan untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas tembakau nasional.

Nah, Amran menyampaikan bahwa sebelumnya pemerintah sudah memanggil semua pelaku industri rokok besar di Indonesia. Mereka pun sepakat untuk menyerap produk tembakau petani.

"Intinya bagaimana membeli tembakau petani dengan harga yang menguntungkan seperti jagung kemarin. Industri sudah mau, mereka lebih mau lagi, Presiden juga sudah beri arahan. Selesai," tegas Amran.

Di sisi lain, pihaknya juga mengajak petani tembakau untuk menanam komoditas lain di sela-sela musim tanam tembakau. Antara lain jagung, bawang putih. Hal ini disesuaikan dengan kondisi daerah masing-masing.

Mentan Amran Sulaiman janji langsung membahas regulasinya bersama Mendag.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News