Mentan Syahrul: Sektor Pertanian Mampu Mengangkat Ekonomi Nasional

Mentan Syahrul: Sektor Pertanian Mampu Mengangkat Ekonomi Nasional
Syahrul Yasin Limpo. Foto: M. Fathra Nazrul Islam/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Pertanian (Kementan) berkomitmen mendorong pecepatan pertumbuhan ekonomi nasional melalui peningkatan produksi, serta menumbuhkan lalu lintas ekspor lewat program jangka panjang Gerakan Tiga Kali Ekspor (Geratieks).

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (Mentan SYL) mengatakan sektor pertanian terbukti mampu bertahan dari krisis ekonomi yang melambat akibat pandemi Covid 19.

Menurutnya, sektor pertanian mampu mengangkat ekonomi nasional karena Indonesia memiliki sumber daya alam yang menjanjikan serta sumber daya manusia yang banyak.

Terlebih lagi masih banyak bahan pangan yang belum diolah secara maksimal.

"Sektor pertanian bersentuhan langsung dengan kebutuhan dasar dan kebutuhan primer yang tidak pernah putus. Ini menjadi faktor penting tumbuhnya pertanian di tengah krisis apa pun," ujar Mentan Syahrul dalam Webinar bersama Institute for Development of Economics and Finance (Indef), Senin (30/11).


Syahrul mengatakan pertumbuhan sektor pertanian dibuktikan dari kontribusinya dalam produk domestik bruto (PDB) selama dua kuartal terakhir.

Berdasar data Badan Pusat statistik (BPS), pertumbuhan di sektor pertanian pada Kuartal II-2020 mencapai 16,24 persen.

Meskipu terjadi sedikit teradi pergeseran, Kuartal III-2020 masih mencatatkan kenaikan 2,15 persen.

Mentan SYL berharap pada 2021 semua pertanian sudah bisa dilakukan dengan teknologi modern.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News