Mentan SYL: Jadikan Harkitnas sebagai Momentum Menguatkan Kinerja Sektor Pertanian

Mentan SYL: Jadikan Harkitnas sebagai Momentum Menguatkan Kinerja Sektor Pertanian
Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo saat memimpin upacara peringatan Harkitnas di Kantor Pusat Kementan, Jakarta, Senin (22/5). Foto: Dokumentasi Humas Kementan

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (Mentan SYL) mengajak seluruh jajaran Kementerian Pertanian (Kementan) dan stakeholder menjadikan momentum peringatan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) 2023 untuk menjaga persatuan dan nasionalisme dalam peningkatan dan penguatan kinerja sektor pertanian.

Untuk itu, kontribusi dan kinerja positif dari sektor pertanian dalam 3 tahun terakhir harus mampu dijaga bahkan ditingkatkan.

“Hari Kebangkitan Nasional yang ke-115 menjadi momen untuk mengkonsolidasi nasionalisme kita. Bangsa besar ini hanya ada kalau rasa patriotisme, rasa nasionalisme terjaga dalam kesatuan dan kebersamaan,” kata Mentan SYL dalam arahannya pada upacara peringatan Harkitnas di Kantor Pusat Kementan, Jakarta, Senin (22/5).

Mentan SYL juga mengingatkan jajaran Kementan bahwa tantangan sektor pertanian sangat beragam.

Mulai dari tantangan alam, dan tantangan geopolitik yang sedang berkontraksi secara global.

"Tantangan ini pasti akan mampu dihadapi dengan rasa persatuan dan kesatuan yang tinggi," ujarnya.

Dia juga mengingatkan Harkitnas bukan hanya sekadar peringatan berkala setiap tahunnya saja, namun menjadi semangat untuk memastikan ketersedian pangan yang aman dan cukup bagi kebutuhan nasional.

“Kebangkitan bangsa hanya bisa kuat kalau bangkitlah seluruh sumber daya alam yang ada. Kita harus meyakini bahwa bangsa besar ini sudah melalui ujian berat dalam tiga tahun belakangan ini dalam menghadapi Covid-19,” tegasnya.

Mentan SYL menyampaikan sejumlah pesan kepada jajarannya saat memimpin upacara peringatan Harkitnas 2023

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News