Mentan SYL Sebut Penghargaan dari IRRI Merupakan Kado HUT Ke-77 RI

Mentan SYL Sebut Penghargaan dari IRRI Merupakan Kado HUT Ke-77 RI
Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (kanan) mendampingi Presiden Jokowi. Foto: Dokumentasi Kementan

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (Mentan SYL) menilai penghargaan Certificate of Acknowledgement dari Institut Penelitian Padi Internasional (IRRI) yang diberikan kepada pemerintah merupakan kado HUT Ke-77 RI.

Hal itu disampaikan SYL setelah mengikuti acara penerimaan penghargaan itu di Istana Negara, Minggu (14/8).

Menurut Syahrul, IRRI telah memberikan pengakuan terhadap sistem pertanian dan pangan yang tangguh serta swasembada beras yang dicapai Indonesia pada 2019-2021.

"Indonesia bahkan telah berhasil membangun berbagai bendungan dan irigasi yang menjadi tolok ukur hadirnya pertanian yang kuat itu," ujar Syahrul.

Eks gubernur Sulawesi Selatan itu juga menyebut Presiden Jokowi menilai penghargaan tersebut sebagai hasil kerja terintegrasi dari semua pihak.

Kementerian dan lembaga lainnya menggunakan berbagai strategi yang sistematis, terstruktur, baik untuk sarana dan prasarana, budidaya, hingga teknologi-teknologi pertanian.

"Karena itu hasil dari semuanya, bahkan yang mendapat pengakuan yang sangat serius, dari lembaga tidak hanya IRRI, FAO pun, adalah penggunaan kredit usaha rakyat (KUR) untuk petani yang cukup masif," tandasnya.

Seperti diketahui, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerima penghargaan Certificate of Acknowledgement dari Institut Penelitian Padi Internasional (IRRI) di Istana Negara, Jakarta, Minggu (14/8).

Menurut SYL, IRRI telah memberikan pengakuan terhadap sistem pertanian dan pangan yang tangguh serta swasembada beras yang dicapai Indonesia pada 2019-2021.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News