Mentan Target Bangkitkan Tiga Kota Kopi di Jatim

Mentan Target Bangkitkan Tiga Kota Kopi di Jatim
Menteri Pertanian Amran Sulaiman di Pusat Penelitian Kopi dan Kakao di Jember. Foto: Natalia Fatimah Laurens/JPNN

jpnn.com, JEMBER - Menteri Pertanian Amran Sulaiman menyatakan kementeriannya saat ini fokus mengembangkan tanaman kopi bibit unggul di tiga kota di Jawa Timur. Yaitu Jember, Lumajang dan Bondowoso.

Hal ini disampaikannya saat mengunjungi Pusat Penelitian Kopi dan Kakao di Jember hari ini. 

Mentan menyatakan, sesuai instruksi Presiden Joko Widodo, kementeriannya harus mengembalikan kejayaan kopi di Indonesia. Karena itu produksi kopi harus ditingkatkan.

"Tiga kota ini jadi kota kopi. Kami sudah pesan bibit unggul kopi 2 juta ton di sini. Bisa dibayangkan potensi produksi kopi 3,5 ton. Produksi nasional rata2 0,5 hingga 0,6  per tahun. Ini bisa naik enam kali lipat produksinya," ujar Menteri Amran.

Menteri Amran menyatakan iklim dan tanah di tiga wilayah ini memang cocok untuk penanaman kopi sehingga pemerintah akan lebih fokus pengembangannya.

Dia mengakui kopi produksi dari Jawa Timur ini juga sudah dilirik pasar Vietnam. Menurutnya, Vietnam sudah berencana membeli. 

Karena itu, Kementan akan fokus bibit unggu kopi sehingga kualitas produksi petani akan semakin meningkat.

"Ini kopi kita bernilai ekspor, nasional, lokal macam. Sebenarnya kita sudah ekspor ke beberapa negara, Vietnam juga berminat ambil kopi dari kita. Ini sangat bagus. Tapi terpenting kami fokus pada budidaya," tegasnya.

Menteri Pertanian Pertanian Amran Sulaiman memastikan perkembangan kopi di tanah air akan membantu sejahterakan petani.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News