Menteri Agama: Sukmawati Soekarnoputri Beragama Islam

Menteri Agama: Sukmawati Soekarnoputri Beragama Islam
Sukmawati Soekarnoputri (tengah). Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin mengaku sudah berkomunikasi langsung dengan Sukmawati Soekarnoputri, terkait puisi Ibu Indonesia yang diprotes sejumlah organisasi Islam.

Berdasarkan penjelasan yang dia dapat dari putri Proklamator Bung Karno tersebut, Lukman meyakini tidak ada itikad sedikit pun dari Sukmawati menyakiti umat Islam, melecehkan, apalagi menghina melalui puisi tersebut.

Namun ketika ditanya soal pendapatnya tentang unsur pelecehan dari puisi tersebut, Lukman juga berkeyakinan tidak ada.

"Saya yakin (tidak ada). Saya mengenal Bu Sukma cukup baik dan saya yakin betul tidak ada niatan sedikit pun dari beliau untuk melecehkan apalagi menghina. Beliau itu beragama Islam," ucap Lukman di Istana Negara, Jakarta, Rabu (4/4).

Politikus PPP ini menilai puisi kontroversial itu merupakan ekspresi dari apa yang dipikirkan, dirasakan, dan berdasarkan wawasan pengetahuan yang dimiliki Sukmawati Soekarnoputri. Sehingga dia tidak melihat ada tendensi atau niatan yang bersifat negatif kepada umat Islam.

Lukman memahami adanya protes dari kalangan umat Islam. Termasuk sudah ada yang melaporkan Sukmawati dalam kasus dugaan penodaan agama. Namun dia tetap mengajak semua pihak membukakan pintu maaf.

"Kalau saling memaafkan itu akan indah sekali, bisa menunjukkan bahwa perbedaan cara pandang itu bisa diselesaikan dengan saling berdialog, dimusyawarahkan antara satu dengan yang lain," pungkasnya. (fat/jpnn)


Menteri Agama Lukman Hakim meyakini Sukmawati Soekarnoputri tidak punya niat melecehkan agamanya sendiri.


Redaktur & Reporter : M. Fathra Nazrul Islam

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News