Menteri Amran Sebar Kartu Tani di Ciamis

Menteri Amran Sebar Kartu Tani di Ciamis
Seremonial penyerahan kartu tani untuk Jawa Barat dimulai dari Ciamis. Foto: Amjad/JPNN

jpnn.com, CIAMIS - Menteri Pertanian Amran Sulaiman meluncurkan Kartu Tani di Desa Madang Layang, Panumbayang, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, Senin (9/10) siang.

Amran mengatakan tujuan pembangian Kartu Tani ini untuk memaksimalkan pendistribusian pupuk dan penyaluran program kepada para petani. Atau biasa disebut dengan percepatan swasembada pangan.

Bersama Menteri BUMN Rini Soemarno dan Menteri Desa PDTT Eko Sanjoyo serta Menteri Amran pun menyerahkan kartu tersebut secara seremonial kepada lima petani.

"Kami berharap, pembagian kartu tani ini bisa semakin mempermudah petani dan membantu kerja mereka semakin maksimal," katanya.

Tak hanya membagikan kartu tani, Mentan juga sempat memberikan sejumlah tabungan dari Bank Mandiri, yang merupakan bank yang mengelola kartu tani untuk wilayah Jabar.

17 petani yang hadir dan bisa menjawab pertanyaan yang diberikan olehnya, mendapatkan dana yang ada dalam tabungan mandiri, masing-masing Rp 1 Juta.

Selain itu, Amran juga mendapatkan apresiasi dari beberapa petani yang mendapatkan kesempatan berbicara. Itu karena Kementan mampu mendorong adanya asuransi gagal panen yang dikelola PT Jasindo.

"Nanti petani bisa aman dan tak khawatir gagal panen. Itu karena sudah ada asuransi yang siap mengcover kalau terjadi sesuatu," tandasnya. (dkk/jpnn)

Menteri Pertanian Amran Sulaiman meluncurkan Kartu Tani di Desa Madang Layang, Panumbayang, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, Senin (9/10) siang.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News