Menteri Anas Tegaskan tidak Ada Penghapusan Tenaga Honorer

Menteri Anas Tegaskan tidak Ada Penghapusan Tenaga Honorer
Arsip - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Abdullah Azwar Anas di Istana Kepresidenan Jakarta, Senin (12/6/2023). (ANTARA/Gilang Galiartha)

jpnn.com - JAKARTA - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Abdullah Azwar Anas kembali memastikan tidak akan ada penghapusan 2,3 juta tenaga honorer, yang sebelumnya diisukan dilakukan pada November 2023.

Menteri Anas khawatir apabila terjadi penghapusan honorer maka berdampak pada setiap aspek pelayanan, termasuk tingginya angka pengangguran. Dia menyebut banyak pegawai honorer yang melayani sektor-sektor vital pelayanan publik.  

"Yang penting, nanti di November ini tidak akan ada PHK massal untuk 2,3 juta (honorer) ini. Karena kalau 2,3 juta ini ada pemberhentian seperti PP yang tadi, maka ini akan berdampak pada pelayanan publik dan lain-lain," ujar Menteri Anas di Kemenko PMK, Jakarta, Selasa (12/9).

Kendati demikian, pemerintah tidak boleh mengangkat atau merekrut tenaga honorer baru.

Menteri Anas pun telah berkirim surat kepada kementerian/lembaga maupun pemerintah daerah, untuk tetap mengalokasikan anggaran bagi tenaga honorer untuk 2024.

"Nah, formatnya seperti apa, finalnya kami bahas RUU ASN bulan depan sudah bisa kami sahkan," ungkap mantan bupati Banyuwangi, itu.

Nantinya, di RUU tersebut pengangkatan ASN tidak hanya setahun atau dua tahun sekali, tetapi bisa kapan saja untuk mengisi kekosongan yang ditinggalkan, seperti karena pensiun. "Jadi, dengan demikian tak seperti selama ini, bila kosong, diisi honorer," katanya.

Dia bercerita selama ini banyak rekrutmen pegawai honorer yang berkualitas maupun tidak.

Menteri Anas menegaskan bahwa tidak ada penghapusan honorer. Dia menyebut RUU ASN segera disahkan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News