Menteri Asal Minang Jangan Sampai Korupsi

Menteri Asal Minang Jangan Sampai Korupsi
Menteri Asal Minang Jangan Sampai Korupsi
JAKARTA - Mantan Menko Kesra Azwar Anas, memberi peringatan kepada lima menteri asal Minangkabau yang saat ini duduk di Kabinet Indonesia Bersatu (KIB) jilid II agar jangan sampai diberhentikan di tengah di jalan karena melanggar hukum. Jika ini terjadi, sangat besar konsekuensi karena kultur masyarakat Minang terkenal taat azas dan menjunjung tinggi supremasi hukum.

"Jangan sampai ada orang Minang yang saat ini duduk di kabinet diberhentikan karena tersangkut pelanggaran hukum. Apalagi korupsi, karena ini membawa konsekuesi berupa sanksi sosial yang sangat luar biasa di tengah-tengah kehidupan bermasyarakat dan bernegara nantinya," tegas Azwar Anas, di Jakarta Minggu (25/10).

Agar tidak terlibat dengan berbagai praktek atau tindakan melawan hukum, lanjut Azwar Anas, ada empat aspek penting yang harus dipenuhi oleh setiap penyelenggara negara, yakni aspek legalitas, empiris, system, dan jiwa atau semangat kebersamaan.

Aspek legalitas, jelas Azwar, jangan sampai ada kebijakan yang diambil tanpa payung hukum, atau ke luar dari aturan yang ada. Sedangkan aspek empirisnya adalah menjadikan pengalaman masa lalu untuk merumuskan berbagai kebijakan dimasa datang.

JAKARTA - Mantan Menko Kesra Azwar Anas, memberi peringatan kepada lima menteri asal Minangkabau yang saat ini duduk di Kabinet Indonesia Bersatu

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News