Menteri Asman Dorong PTN Pelopori e-Government

Menteri Asman Dorong PTN Pelopori e-Government
Ketua Komisi III DPR Bambang Soesatyo. Foto: dokumen JPNN.Com

jpnn.com - BANDUNG - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Asman Abnur mengajak seluruh kalangan akademisi untuk bersama-sama meningkatkan kualitas perguruan tinggi agar bisa berdaya saing di dunia internasional.  Pasalnya, saat ini persaingan dalam dunia pendidikan semakin ketat lantaran pendidikan tinggi negeri maupun swasta sama-sama berupaya keras untuk bersaing di tingkat global.

Menteri Asman mengatakan hal itu dalam kuliah perdana program pascasarjana Universitas Padjadjaran, Senin (19/09).  "Kita memiliki potensi, kemampuan dan sumber daya, mainkan itu semua menangkan persaingan," ujarnya.

Dalam kesempatan itu, Asman menyampaikan kuliah umum  bertema Membangun SDM Pendidikan yang Kompetitif Dalam Rangka Meningkatkan Daya Saing Bangsa. Menurutnya, Kementerian PAN-RB memiliki dua program utama yakni sistem e-government dan pelayanan publik.

Untuk bisa bersaing secara global, lanjut Asman, semua lembaga pendidikan tinggi harus menerapkan e-government. Hal itu juga demi memudahkan mahasiswa.

Lebih dari itu, Asman juga berpesan agar Unpad bisa menjadi motor pembaharuan dalam penerapan e-government, e-budgeting dan e-learning. "Unpad harus menerapkan hal ini, supaya kalau lihat pengumuman atau nilai, bisa di rumah saja, tidak perlu lihat papan di kampus. Semua serba-canggih dan itu akan lebih efisien," imbuhnya.

Gilang, salah satu mahasiswa pascasarjana Jurusan Linguistik Fakultas Ilmu Budaya Unpad mengatakan, kehadiran Menteri Asman dalam kuliah ini sangat memotivasi mahasiswa. Menurutnya, perlu ada kunjungan seperti itu lagi.

 "Saya jadi lebih tahu apa saja tugas kami untuk membangun Indonesia nantinya. Kita harus bersaing, harus memiliki daya tahan, dan mencontoh negara-negara maju khususnya dalam membangun negaranya," ujarnya penuh semangat.(adv/jpnn)



Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News