Menteri Asman: PNS Jangan Kalah Dengan Pegawai Swasta

Menteri Asman: PNS Jangan Kalah Dengan Pegawai Swasta
Asman Abnur (menunjuk). Foto: Humas KemenPANRB

jpnn.com - SURABAYA - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Asman Abnur mengatakan, sudah saatnya Indonesia meninggalkan gaya pemerintahan konservatif.

"Ini bukan zamannya lagi pemerintahan gaya konservatif. Pegawai negeri jangan kalah dengan pegawai swasta dalam melayani masyarakat. Kinerja PNS harus setara karyawan swasta," tuturnya saat kunker di Surabaya, Selasa (2/8).

Politikus PAN ini mengatakan, secara umum masih terdapat perbedaan yang terjadi dalam pelayanan oleh pegawai swasta dengan pegawai negeri. Ia menjelaskan, ketika pengusaha masuk ke instansi pemerintah sering kecewa karena tidak mendapatkan pelayanan proporsional.

Sebagai contoh, Asman menunjuk dalam tax amnesty. Ketika masuk ke bank, pelayanannya sangat baik, dan semua yang diperlukan semuanya tersedia. Semuanya clear, pengusaha yakin uang yang masuk aman.

Begitu selesai dari bank, pengusaha masuk ke instansi pemerintah, misalnya kantor pajak.

"Saat datang di desk  pertama, petugasnya tidak masuk. Di desk berikutnya, ada petugasnya, tapi tidak memahami tax amnesty. Ini persoalan kita," tutur Asman.‎ (esy/jpnn)


SURABAYA - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Asman Abnur mengatakan, sudah saatnya Indonesia meninggalkan gaya


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News