Menteri ESDM Garap Energi Panas Bumi

Jepang Investasi USD 1 M untuk Solar Energy

Menteri ESDM Garap Energi Panas Bumi
Menteri ESDM Garap Energi Panas Bumi
NUSA DUA - Pemanfaatan energi panas bumi (geothermal) sebagai salah satu sumber energi terus digarap. Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menyebutkan sudah menyiapkan 28 titik lokasi sumber energi panas bumi sebagai bagian solusi kebutuhan pasokan energi.

Menteri ESDM Jero Wacik mengungkapkan, 28 titik tersebut berada di hutan lindung. "Sebanyak 28 titik geothermal itu yang akan diberi izin untuk eksplorasi dan eksploitasi" oleh kementerian kehutanan," kata Jero Wacik dalam keterangan hasil KTT ASEAN terkait energi di Bali Nusa Dua Convention Center (BNDCC), kemarin (19/11).

Jero mengaku sudah melakukan komunikasi dengan Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan terkait izin eksplorasi tersebut. Rencananya, Selasa (22/11) mendatang, kedua menteri tersebut akan meneken kesepakatan izin eksplorasi itu.

Selama ini, lanjut dia, pemanfaatan energi panas bumi semacam itu mengalami hambatan karena lokasinya yang berada di hutan lindung. "Ini yang menjadi bottlenecking untuk menggarap potensi itu," kata Jero.

NUSA DUA - Pemanfaatan energi panas bumi (geothermal) sebagai salah satu sumber energi terus digarap. Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News