Menteri ESDM Sesumbar Tingkatkan Porsi Biofuel jadi 20 pct

Menteri ESDM Sesumbar Tingkatkan Porsi Biofuel jadi 20 pct
Menteri ESDM Sesumbar Tingkatkan Porsi Biofuel jadi 20 pct

jpnn.com - JAKARTA - Menteri ESDM Sudirman Said sesumbar dapat meningkatkan porsi biofuel atau bahan bakar hayati sebesar 20 pct. Sebelumnya, porsi biofuel hanya sepuluh pct. Peningkatan biofuel bakal dilakukan bertahap oleh kementerian ESDM.

"Sejak awal memang kami akan melakukan itu. Tadi, secara khusus saya laporkan bahwa kementerian ESDM siap untuk meningkatkan porsi biofuel dari 10 pct bertahap menjadi 20 pct," ujar Sudirman di kantor Kemenko, Jakarta, Senin (16/3).

Mantan bos PT Pindad ini yakin, upaya peningkatan biofuel tersebut bisa membantu pemerintah menghemat devisa. Sebab, kebijakan itu nantinya bisa mengurangi impor terhadap pengunaan bahan bakar minyak (BBM).

"Tahun ini mungkin 15 pct. Itu akan berdampak pada penghematan devisa karena akan mengurangi impor BBM sampai USD 1,3 miliar. Sekitar 15 pct impor akan kita turunkan, karena akan diganti dengan biofuel industri dalam negeri," tambah Sudirmn.

Untuk mempersiapkan itu semua, pihaknya bakal melakukan dialog dengan para pelaku usaha di bidang biofuel. "Selebihnya dalam satu dua hari akan keluar permen. Nanti diputuskan dulu di kantor presiden, permennya sudah kita siapkan," tegas Sudirman. (chi/jpnn)


JAKARTA - Menteri ESDM Sudirman Said sesumbar dapat meningkatkan porsi biofuel atau bahan bakar hayati sebesar 20 pct. Sebelumnya, porsi biofuel


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News