Menteri Johnny Sebut Manfaat Presidensi G20 Bagi Indonesia

Menteri Johnny Sebut Manfaat Presidensi G20 Bagi Indonesia
Menkominfo Johnny G Plate. Ilustrasi Foto: Ricardo/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate meyakini posisi Indonesia sebagai Presidensi G20 membawa manfaat ekonomi yang sangat besar.

Selain itu, juga mendorong akselerasi agenda transformasi digital Indonesia.

Karena secara kolektif G20 mewakili sekitar 65 persen penduduk dunia, 79 persen perdagangan global dan setidaknya 85 persen perekonomian dunia.

Demikian dikemukakan Menteri Johnny pada Rapat Streamlining Isu Digital Forum G20 dengan Working Groups dan Engagement Groups yang berlangsung hibrida dari Kantor Kementerian Kominfo, Senin (22/11)

Menteri Johnny menyatakan Presidensi G20 Indonesia diestimasikan dapat membawa manfaat ekonomi selama pelaksanaan G20.

Manfaat itu berupa peningkatan konsumsi domestik hingga Rp 1,7 triliun, penambahan PDB nasional hingga Rp 7,4 triliun serta pelibatan UMKM dan penyerapan tenaga kerja sekitar 33 ribu orang di berbagai sektor.

"Diperkirakan 1,5 sampai 2 kali lebih besar dari pelaksanaan International Monetary Fund & World Bank Group (IMF-WBG) Annual Meetings 2018 di Bali," ujar Menteri Johnny.

Dalam Presidensi G20 Indonesia 2022, Kementerian Kominfo akan mengambil peran sebagai pengampu persiapan substansi dan penyelenggaraan Digital Economy Working Group (DEWG).

Menteri Johnny G. Plate menyebut sejumlah manfaat Presidensi G20 bagi Indonesia.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News