Menteri Jonan Keluarkan Izin Trase KA Cepat Jakarta-Bandung

Menteri Jonan Keluarkan Izin Trase KA Cepat Jakarta-Bandung
ilustrasi kereta cepat

jpnn.com - JAKARTA - Menteri Perhubungan Ignasius Jonan telah menandatangani izin trase proyek kereta api cepat Jakarta-Bandung.

Izin trase tersebut tercantum dalam Keputusan Menteri Perhubungan Nomor KP. 25 Tahun 2016, tentang Penetapan Trase Jalur Kereta Api Cepat antara Jakarta dan Bandung Lintas Halim-Tegalluar.

Kepala Pusat Komunikasi (Kapuskom) Kementerian Perhubungan, JA Barata mengatakan izin trase tersebut disetujui mantan dirut KAI itu setelah semua persyaratan sudah terpenuhi.  

"Izin trase diajukan oleh PT Kereta Api Cepat Indonesia China (PT KCIC). Menhub menetapkan izin trase setelah semua syarat dipenuhi, termasuk rekomendasi dari pemerintah provinsi, kota dan kabupaten yang dilintasi jalur KA cepat Jakarta-Bandung," papar Barata di Jakarta, Rabu (13/1).

Barata menjelaskan, trase jalur KA cepat Jakarta-Bandung memiliki panjang 142,3 km, dengan empat stasiun dan satu dipo.
Empat stasiun tersebut yakni Halim, Karawang, Walini, dan Tegalluar. Sementara fasilitas operasi berupa dipo berada di Tegalluar.

Dengan dikeluarkannya izin trase jalur KA cepat tersebut, maka rencana groundbreaking proyek KA cepat Jakarta-Bandung yang akan dimulai bulan ini bisa segera terlaksana. (chi/jpnn)


JAKARTA - Menteri Perhubungan Ignasius Jonan telah menandatangani izin trase proyek kereta api cepat Jakarta-Bandung. Izin trase tersebut tercantum


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News