Menteri Jonan Sebut Pelabuhan Sofifi Bukan untuk Manusia

Menteri Jonan Sebut Pelabuhan Sofifi Bukan untuk Manusia
Ignasius Jonan. Foto: Yessy Artada/JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Menteri Perhubungan (Menhub) Ignasius Jonan penasaran dengan Pelabuhan Sofifi di Maluku Utara. Jonan mengaku masih belum mengetahui detail kapan dibangun, serta berapa total anggaran yang dihabiskan untuk membangun pelabuhan tersebut.

Menurut Menhub, jika dilihat dari arus gelombang maupun arus laut diperkiraan anggaran pembangunannya  menghabiskan dana mencapai triliunan.

"Pelabuhannya cukup besar, tapi akses jalan mirip ke kampung. Saya nggak tahu perencanaannya kaya gimana itu," ungkap Jonan di kantornya, Jakarta, Senin (9/3).

Bahkan mantan dirut KAI itu menyebut Pelabuhan Sofifi Maluku Utara lebih mirip pelabuhan ikan, dibanding dengan pelabuhan peti kemas dan penumpang. "Saya bilang Pelabuhan Sofifi itu pelabuhan ikan, bukan untuk pelabuhan manusia," cibirnya.

Dari pengamatannya, Pelabuhan Sofifi juga akan sulit disandarkan untuk kapal besar sampai kapal induk karena tidak didukung oleh akses yang mumpuni. 

Karena itu dia meminta Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Perhubungan‎ (Balitbanghub) turun tangan langsung untuk melakukan kroscek.

"Saya minta Balitbang Perhubungan review lagi, kalau perlu ke lapangan langsung," pintanya. (chi/jpnn)


JAKARTA - Menteri Perhubungan (Menhub) Ignasius Jonan penasaran dengan Pelabuhan Sofifi di Maluku Utara. Jonan mengaku masih belum mengetahui detail


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News