Menteri Nadiem Sampaikan Kabar Gembira untuk Mahasiswa Penyandang Disabilitas

Menteri Nadiem Sampaikan Kabar Gembira untuk Mahasiswa Penyandang Disabilitas
Tangkapan layar Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudriset) Nadiem Makarim dalam "Kemenkeu Mengajar 6", Selasa (9/11/2021). (ANTARA/Sanya Dinda)

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Makarim menyampaikan kabar baik untuk mahasiswa penyandang disabilitas atau difabel. 

Menteri Nadiem menuturkan bahwa mahasiswa penyandang disabilitas atau difabel diprioritaskan menjadi penerima Kartu Indonesia Pintar (KIP) kuliah. 

“Kemendikbudristek sudah menyediakan kuota beasiswa bagi mahasiswa berkebutuhan khusus melalui Afirmasi Pendidikan Tinggi atau ADik khusus difabel dan memprioritaskan difabel sebagai penerima KIP kuliah,” kata Nadiem dalam “Kemenkeu Mengajar 6” yang dipantau di Jakarta, Selasa (9/11). 

Selain itu, pemerintah juga memiliki Beasiswa Unggulan dan beasiswa dari Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) untuk mahasiswa penyandang disabilitas melanjutkan studi hingga jenjang doktoral.

Menurut Menteri Nadiem, akses mahasiswa penyandang disabilitas pada pendidikan tinggi dijamin dalam Peraturan Menristekdikti Nomor 46 Tahun 2017 tentang Pendidikan Khusus dan Pendidikan Layanan Khusus di Perguruan Tinggi. 

Dia menuturkan perguruan tinggi pun tidak boleh menolak mahasiswa penyandang disabilitas untuk belajar di kampusnya.

Menteri Nadiem meminta kepada seluruh siswa Kemenkeu Mengajar, yang terdiri atas siswa penyandang disabilitas, untuk tidak berhenti mencoba dalam meraih cita-cita.

“Saya dan Tim Kemendikbudristek tidak pernah berhenti mencoba hal baru, memastikan adik-adik pelajar bisa belajar dengan bahagia melalui Gerakan Merdeka Belajar,” katanya. 

Menteri Nadiem menyampaikan kabar baik untuk mahasiswa penyandang disabilitas atau difabel soal KIP kuliah.