Menteri Siti: Merusak Alam Sama dengan Menyakiti Ibu Sendiri

Menteri Siti: Merusak Alam Sama dengan Menyakiti Ibu Sendiri
Menteri LHK Siti Nurbaya. Foto: Humas

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya menaruh harapan besar pada keterlibatan kaum perempuan untuk menjaga lingkungan dan hutan di Indonesia.

Menteri Siti mengibaratkan alam dan lingkungan sebagai sosok ibu. Karena itu semua pihak harus bahu membahu menjaga ibunya, yaitu alam.

Termasuk kaum perempuan yang diharapkan menjadi pelopor untuk menjaga Ibu Pertiwi.

"Banyak adat dan budaya bangsa ini memandang alam sebagai ibu. Bila alam disakiti maka sakitlah sang ibu. Bila sang ibu sakit maka terganggulah kehidupan keluarga. Karenanya keluarga diharuskan menjaga sang ibu agar tak disakiti,"
ujar Menteri Siti saat membuka dialog Perempuan Pejuang Keadilan Gender dalam Pengelolaan Sumberdaya Alam di Manggala Wanabhakti.

Dalam dialog ini hadir ratusan kaum perempuan pejuang lingkungan perwakilan dari 10 provinsi di Indonesia.

Dalam dialog itu, Menteri Siti meyakini nilai-nilai ibu sebagai alam masih dipertahankan oleh banyak komunitas, termasuk para pejuang perempuan.

Dia menyatakan hampir di semua kebudayaan penyebutan atas bumi adalah perempuan.

Karenanya menjadi sangat tepat bila perempuan mengambil peran besar sebagai perawat dan pemelihara bumi, memelihara budaya, agar bisa memberikan kehidupan, kedamaian, keadilan dan kesejahteraan.

Menteri LHK Siti Nurbaya mengajak kaum perempuan menjadi pelopor dan pejuang untuk menjaga alam Ibu Pertiwi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News