Menteri Siti Nurbaya Meresmikan Ecoparian Sungai Badung: Dari Bali untuk Nasional

Menteri Siti Nurbaya Meresmikan Ecoparian Sungai Badung: Dari Bali untuk Nasional
Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya meresmikan Ecoparian Sungai Badung, Denpasar, Bali, Kamis (20/6). Foto: KLHK

jpnn.com, DENPASAR - Dalam spirit penanganan sampah laut yang dibawa oleh Presiden Jokowi pada KTT ASEAN di Bangkok, Kamis (20/6/2019 hari ini, langkah nyata dari Indonesia juga terus berkembang.

Di Bali, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya didampingi Dirjen Pencemaran Kementerian LHK, Karliansyah dan para peserta Pertemuan IV antanegara dalam koordinasi kelautan Negara-Negara Asia Timur (COB-SEA) meresmikan Ecoparian Sungai Badung, Denpasar, Bali, Kamis (20/6) pagi. Langkah nyata seperti ini terus dilaksanakan oleh daerah-daerah di Indonesia.

Menteri Siti Nurbaya mengungkapkan data tahun 2018 menunjukkan kunjungan wisatawan mancanegara ke Pulau Bali sebanyak 6.127.437 orang. Sebagai salah satu daerah tujuan wisata nasional, permasalahan sampah di Bali menjadi sangat penting.

BACA JUGA: Menteri Siti Nurbaya Sampaikan Langkah Sistematis Indonesia di Sektor LH dan Energi

Menteri Siti Nurbaya Meresmikan Ecoparian Sungai Badung: Dari Bali untuk Nasional

Sampah plastik yang memenuhi sungai dan lautan telah menyebabkan masalah selama bertahun-tahun, seperti menyumbat saluran air, meningkatnya risiko banjir dan permasalahan lingkungan yang sangat serius.

“Terkait dengan hal itu, Pemerintah Kota Denpasar di situ serius dalam kebijakan dan strategi pengelolaan sampah serta penanganannya,” kata Menteri Siti.

Lebih lanjut, Menteri Siti mengungkapkan dalam rangka mendukung target pencapaian kebijakan dan strategi nasional pengelolaan sampah rumah tangga dan mengingat dampak negatif yang dapat ditimbulkan dari permasalahan sampah terutama sampah plastik, maka telah dibuat beberapa terobosan atau inovasi. Di antaranya adalah penetapan Peraturan Wali Kota Denpasar Nomor 36 Tahun 2018 tentang Pengurangan Penggunaan Kantong Plastik yang telah diapresiasi oleh Presiden RI Joko Widodo saat melakukan kunjungan kerja di Kawasan pasar Badung dan taman Kumbasari Tukad Badung.

Dalam spirit penanganan sampah laut yang dibawa oleh Presiden Jokowi pada KTT ASEAN di Bangkok, Kamis (20/6), langkah nyata dari Indonesia juga terus berkembang. Di Bali, Menteri LHK Siti Nurbaya meresmikan Ecoparian Sungai Badung, Denpasar, Bali, hari i

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News