Menteri Siti Nurbaya Pimpin Aksi Bersih di Pantai Teluk Penyu Cilacap

Menteri Siti Nurbaya Pimpin Aksi Bersih di Pantai Teluk Penyu Cilacap
Menteri LHK Siti Nurbaya memimpin aksi bersih di Teluk Penyu. Foto: Elfany Kurniawan/JPNN.com

jpnn.com, CILACAP - Pemerintah melalui Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan atau KLHK terus berupaya untuk menjaga kebersihan pantai. Salah satunya dengan menggelar aksi bersih pantai di beberapa kota.

Kali ini, Menteri LHK Siti Nurbaya Bakar memimpin jalannya aksi bersih Pantai Teluk Penyu Cilacap, Jawa Tengah, Selasa (5/3). Kegiatan ini dilakukan bersama 3.000 peserta yang berasal dari karyawan Pertamina, mahasiswa, pelajar hingga warga sekitar.

Dalam kegiatan itu, Menteri Siti tampak tak canggung untuk ikut bersama-sama membersihkan garis pantai dari sampah, khususnya plastik.

Dia berharap, kegiatan bersih-bersih itu bisa terus dilanjutkan agar kebersihan pantai tetap terus terjaga. “Semoga ke depan warga bisa lebih menyadari akan kebersihan pantai,” kata Menteri Siti.

Menteri Siti Nurbaya Pimpin Aksi Bersih di Pantai Teluk Penyu Cilacap

Selain bersih-bersih pantai, Menteri Siti juga hadir dalam acara pemberian penghargaan rekor MURI kepada PT Pertamina RU IV Cilacap sebagai pemrakarsa pembagian sedotan dan botol minum pakai ulang pada masyarakat. Tujuannya agar tidak ada lagi sampah plastik dibuang.

Kemudian, Menteri Siti Nurbaya juga meresmikan program kerakyatan unggulan energi mandiri surya angin (E-Mas Bayu) dan energi mandiri tambak ikan (E-Mba Mina) di Benteng Pendem Cilacap.

Proyek ini juga menjadi program CSR Pertamina RU IV Cilacap di Dusun Bondan, Desa Ujung Alang, Kecamatan Kampung Laut, Kabupaten Cilacap.

Menteri Siti tampak tak canggung untuk ikut bersama-sama membersihkan garis pantai dari sampah, khususnya plastik.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News