Menteri Siti Sampaikan Pesan Mendalam Saat Renungan Suci Hari Bakti Rimbawan

Menteri Siti Sampaikan Pesan Mendalam Saat Renungan Suci Hari Bakti Rimbawan
Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), Siti Nurbaya memimpin renungan suci di Tugu Pahlawan Rimbawan Kampus Gunung Batu, Bogor, Jawa Barat, Senin (15/3). Foto: KLHK.

jpnn.com, BOGOR - Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), Siti Nurbaya memimpin renungan suci di Tugu Pahlawan Rimbawan Kampus Gunung Batu, Bogor, Jawa Barat, Senin (15/3).

Renungan suci bersama para pejabat pimpinan tinggi lingkup Kementerian LHK ini dilakukan dalam rangkaian peringatan Hari Bakti Rimbawan ke-38 tahun 2021.

Menteri Siti menyampaikan bahwa tradisi renungan suci dalam peringatan Hari Bakti Rimbawan harus terus konsisten dilakukan.

Hal ini dianjurkannya sebagai refleksi dari para rimbawan agar selalu berpijak pada landasan jati diri dalam melaksanakan tugas, mengingat risiko kerja mereka yang cukup besar.

“Nilai-nilai dari dasar rimbawan yaitu: jujur, tanggung jawab, disiplin, ikhlas, visioner, adil, peduli, kerja sama, dan profesional. Rasa tanggung jawab, peduli, dan ikhlas adalah sebagai ciri dari rimbawan harus melekat pada dirinya dalam melaksanakan tugas di berbagai medan ruang tugas yang sangat beragam tingkat kesulitannya,” kata Menteri Siti dalam arahannya.

Menurutnya, dalam era informasi sekarang ini tugas seorang rimbawan berada pada rentang bidang pekerjaan yang cukup lebar.

Mulai dari pekerjaan preparasi kebijakan, analisis, kerja laboratorium, nekropsi atau bedah post-mortem satwa, menanam pohon, memadamkan api, patroli kawasan, memulihkan serta mengawasi kerusakan lingkungan, memberikan izin, mendorong, membina dan memfasilitasi hutan sosial bagi masyarakat, dan lainnya.

Menteri Siti juga memberikan apresiasi kepada seluruh jajaran pimpinan dan seluruh aparat KLHK tingkat tapak, lapangan, dan seluruh pegawai di penjuru pelosok tanah air, atas kerja kerasnya dalam mengatasi persoalan Covid-19 yang berlangsung dari 2020 hingga saat ini.

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya mengatakan rasa tanggung jawab, peduli, dan ikhlas adalah sebagai ciri dari rimbawan harus melekat pada dirinya dalam melaksanakan tugas di berbagai medan ruang tugas yang sangat beragam tingkat kesulita

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News