Menteri Susi Akui Mendapat Tekanan

Menteri Susi Akui Mendapat Tekanan
Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti. Foto: dok.JPNN

jpnn.com - JAKARTA - Praktik perbudakan yang menimpa awak buah kapal (ABK) asal Myanmar di Kepulauan Aru, Maluku, yang diduga dilakukan PT Pusaka Benjina Resource (PBS), mendapat perhatian dunia internasional.

Beberapa negara luar terus mengikuti dan menunggu perkembangan terbaru penanganan kasus ini.

"Konsen negara luar terhadap Benjina sangat besar, kalau mengerjakannya tidak serius ini akan mencoreng nama Indonesia," ujar Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti di kantornya, Jakarta, Selasa (14/4).

Lalu, apa ada tekanan-tekanan dari negara luar terkait penuntasan praktik perbudakan di Benjina?

Bos maskapai Susi Air itu tak menampik bahwa ia mendapatkan tekanan dari beberapa negara, untuk segera menuntaskan permasalahan tersebut. Namun, hal tersebut dipandang wajar. Menurut Susi semua negara yang konsen terhadap lingkungan dan kemanusiaan, pasti peduli dan selalu mengikuti perkembangan kasus Benjina.

"Ya (menekan, red), mereka mempertanyakan gimana cara kami (Indonesia, red) handle. Ya semua negara yang peduli dengan kemanusiaan dan lingkungan, pasti memperhatikan. Apalagi Eropa, yang sangat ketat. Mereka begitu memperhatikan," kata Susi. (chi/jpnn)

 


JAKARTA - Praktik perbudakan yang menimpa awak buah kapal (ABK) asal Myanmar di Kepulauan Aru, Maluku, yang diduga dilakukan PT Pusaka Benjina Resource


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News