Menteri Tjahjo: Deteksi Dini Potensi Konflik Lewat Forkomda Tingkat Kecamatan

Menteri Tjahjo: Deteksi Dini Potensi Konflik Lewat Forkomda Tingkat Kecamatan
Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo. FOTO: DOK.JPNN

jpnn.com - JAKARTA – Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompida)‎ di tingkat kecamatan sangat penting dihidupkan. Paling tidak sebagai deteksi dini, karena peristiwa kerusuhan maupun konflik sosial di tengah masyarakat, tidak serta merta muncul begitu saja. Namun terlebih dahulu diawali dengan riak-riak kecil di tengah masayarakat.

“Jadi sangat penting, karena pemerintahan tingkat kecamatan merupakan wilayah terdepan koordinator pemerintahan desa/kelurahan,” ujar Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo, Kamis (15/10).

Menurut Tjahjo, seandainya camat beserta mitranya Komandan Koramil dan Kapolsek memiliki kepekaan dan kemampuan deteksi dini yang baik, maka akan mampu mencegah terjadinya konflik-konflik seperti yang terjadi di Kabupaten Aceh Singkil, Selasa (13/10) kemarin.

Karena, kata Tjahjo, semua konflik maupun kerusuhan yang mengemuka, terjadinya di wilayah kecamatan atau di desa/kelurahan. Sebab  itu aparat di bawah harus diperkuat dan rutin melakukan koordinasi tukar pikiran bersama tokoh-tokoh masyarakat maupun okoh agama di wilayahnya masing-masing.

“Buat posko bersama tingkat kecamatan atau forum komunikasi kerukunan umat beragama di wilayah kecamatan,” ujar Tjahjo.(gir/jpnn)

JAKARTA – Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompida)‎ di tingkat kecamatan sangat penting dihidupkan. Paling tidak sebagai deteksi dini,


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News